Pengertian Dajal yang Akan Muncul di Akhir Zaman

Dajal atau ad-Dajjāl (الدّجّال) dalam bahasa Arab adalah sebutan bagi seorang tokoh dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang kiamat. Dalah juga disebut "Al-Masih ad-Dajjal".


Istilah dajjal berakar kata "dajl". Kamus-kamus mengartikan Dajjal dengan bermacam-macam penertian:
  • Pendusta
  • Penipu
  • Penghasut
  • Orang terlaknat yang mengaburkan pemikiran, hati, kebaikan, dan kejahatan, kebenaran dan kesalahan
  • Orang yang menyembunyikan wajah sesungguhnya tentang suatu hal dengan cara menutupinya
  • Orang ang mengembara ke setiap tempat dengan kejahatannya
Secara bahasa, pengertian dajjal  --dari kata "dajala"-- dalah menutupi, mengacaukan, membingungkan, juga manipulasi, yakni manipulasi kebenaran atau menyembunyikan kebenaran (fakta).

Dajal Itu Fakta, Bukan Mitos

Dalam Islam, dajal itu fakta, bukan mitos. Hadis-hadis menyebutkan, dajal adalah kekuatan jahat terbesar yang muncul pada akhir zaman.

Dajjal, yang akan berusaha menjalankan sistem pemerintahan setan dengan cara memusuhi utusan Allah pada Zaman Akhir ketika berlangsung peristiwa-peristiwa luar biasa.

"Tidak ada penciptaan (yang menimbulkan prahara lebih besar) dibandingkan Dajjal sejak penciptaan Adam hingga Zaman Akhir" (HR Muslim).

"Dia (dajal) akan pula memiliki Surga dan Neraka bersamanya. Walaupun Surganya akan nampak seperti Surga, sebenarnya itu adalah Neraka, dan begitu juga, meskipun Nerakanya akan nampak seperti Neraka, sebenarnya itu adalah Surga." (Sahih Muslim)

"Dajjal akan muncul. Dan akan ada besertanya air dan api. Apa yang dilihat orang sebagai air sesungguhnya adalah api yang membakar. Dan apa yang nampak sebagai api sebenarnya adalah air. Barang siapa diantara kalian yang mendapatinya hendaknya mencebur ke dalam apa yang dilihatnya sebagai api, karena itu adalah air segar, murni". (Sahih Muslim)

Menurut Al-Qurthubi dalam At-Tadzkirah, lafadz dajjal dipakai untuk 10 makna, di antaranya Kadzdzab (tukang dusta) dan Mumawwih (tukang tipu).

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw bersabda: “Maukah aku sampaikan kepada kalian tentang dajjal yang telah disampaikan oleh para nabi kepada kaumnya? Dia buta sebelah matanya, membawa sesuatu seperti surga dan neraka. Yang dia katakan surga pada hakikatnya adalah neraka. Aku peringatkan kepada kalian sebagaimana Nabi Nuh a.s. memperingatkan kaumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dajal akan bernasib tragis dengan dibunuh oleh Nabi Isa a.s. yang kembali diturunkan Allah SWT ke bumi.

“Dajjal dikejar oleh Nabi ‘Isa a.s. hingga mendapatkannya di Bab Ludd (satu negeri dekat Baitul Maqdis, Palestina). Beliau pun membunuhnya.” (HR. Muslim).*

You're reading Pengertian Dajal yang Akan Muncul di Akhir Zaman. Please share...!

0 Response to "Pengertian Dajal yang Akan Muncul di Akhir Zaman"

Back to Top